Jumat, 31 Oktober 2008

Contoh Makalah

BAB I

PENDAHULUAN

I.1. Latar Belakang Masalah

PT. PANAMAS Banjarmasin adalah salah satu perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang pemasaran dan pendistribusian rokok SAMPOERNA di Banjarmasin. PT PANAMAS pada saat ini sangat berkembang dengan upayanya melayani pelanggan yang mengambil barang dari perusahaan ini, karena PT PANAMAS merupakan distributor tunggal produk rokok SAMPOERNA yang ditunjuk langsung oleh PT HM SAMPOERNA yang berpusat di Surabaya sebagai anak perusahaannya yang bertugas melakukan pemasaran rokok SAMPOERNA. Dengan berkembangnya perusahaan ini, maka banyak pula permasalahan yang dihadapi dan akan dicari pemecahannya. Untuk mengatasi hal tersebut sangat dibutuhkan alat bantu yang dapat mempermudah dalam melayani pelanggan dan memperlancar tugas, disamping juga meningkatkan sumber daya manusia.

Salah satu alat bantu yang dapat mendukung menyelesaikan masalah tersebut diatas yang dihadapi PT PANAMAS Banjarmasin adalah komputer. Dengan adanya sistem komputerisasi, maka tugas dapat di selesaikan dengan cepat, rapi, tepat dan akurat dibandingkan dengan penyelesaian masalah secara manual.

I.2. Pokok Masalah

Masalah yang dihadapi oleh PT Panamas Banjarmasin adalah semakin meningkatnya volume data baik barang maupun pelanggan yang semakin besar, sehingga kebutuhan informasi tidak bisa dipenuhi secara cepat dan tepat. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan suatu sistem komputerisasi, sehingga dengan adanya sistem ini akan didapatkan informasi mengenai pengolahan data barang di PT Panamas Banjarmasin dengan cepat dan tepat sesuai yang diinginkan, sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

I.3. Batasan Masalah

Mengingat luas dan banyaknya masalah yang timbul pada sistem pengolahan data barang, maka akan dibatasi permasalahan tersebut. Sistem komputerisasi pengolahan data barang pada PT Panamas Banjarmasin hanya menangani transaksi pengendalian perputaran barang, pemantauan persediaan barang/stok barang, penjualan, pembelian dan retur barang, serta transaksi pembayaran yang dilakukan secara tunai maupun kredit.

I.4. Tujuan Karya Tulis

Tujuan karya tulis ini adalah untuk memberikan kemudahan bagi PT PANAMAS Banjarmasin dalam melayani pelanggan yang ingin membeli rokok produk SAMPOERNA dan pengendalian stock yang nantinya diharapkan akan dapat memberikan informasi yang tepat.

I.5. Metode Pengumpulan Data

Untuk metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan beberapa wawancara langsung dengan pihak-pihak yang bersangkutan yang ada di PT Panamas Banjarmasin, mempelajari informasi yang telah diberikan oleh pihak PT Panamas Banjarmasin, serta studi pustaka yang dilakukan dengan mempelajari literatur yang berhubungan dengan masalah yang dihadapi.

I.6. SISTEMATIKA PEMBAHASAN

Adapun untuk sistematika pembahasan karya tulis ini terdiri dari 4 bab, yaitu :

BAB I : PENDAHULUAN

Pada bab ini berisikan anatara lain latar belakang masalah, pokok masalah, batasan masalah, tujuan penulisan tugas akhir, metode pengumpulan data dan sistematika pembahasan.

BAB II : KOMPUTERISASI DATA BARANG DI DISTRIBUTOR PT PANAMAS BANJARMASIN

Didalamnya terdiri dari : sistem pendukung, gambar sistem, dan perancangan berkas serta perencanaan keluaran.

BAB III : PELAKSANAAN SISTEM

Pada bab ini menjelaskan langkah-langkah program yang yang harus dilaksanakan dengan gambar-gambar yang terinci.

BAB IV : PENUTUP

Untuk bab ini berisi kesimpulan dan saran.

BAB IV

P E N U T U P

IV. 1. KESIMPULAN

Dari hasil pembuatan program Komputerisasi Data Barang di Distributor PT Panamas Banjarmasin ini, dapat disimpulkan sebagai berikut:

1. Komputerisasi Data Barang di distributor PT Panamas Banjarmasin ini dapat memberikan informasi mengenai data barang, persediaan barang/stock, barang yang harus dipesan serta data pelanggan yang terdiri dari kode dan jenis outlet yang dimiliki oleh pelanggan.

2. Komputerisasi data barang ini dapat membuat nota penjualan barang yang disertai dengan tanggal jatuh tempo pelunasan untuk pembayaran dengan kredit serta dapat memberikan informasi retur penjualan barang baik per hari maupun per periode yang dilakukan pihak pelanggan dan piutang yang telah lewat jatuh tempo.

3. Komputerisasi yang disajikan disini dapat mencegah pemasukan data barang dan data pelanggan yang berulang-ulang.

IV. 2. SARAN-SARAN

Sesuai dengan permasalahan di atas penulis dapat memberikan saran-saran sebagai berikut:

1. Untuk pengembangan pada komputerisasi data barang ini sebaiknya dapat digunakan sebagai program jaringan (Multi User) sehingga pengolahan data dapat dilakukan dengan banyak komputer sehingga komunikasi data dan informasi yang dibutuhkan langsung dapat dipenuhi secara cepat, tepat dan akurat.

2. Agar program ini dapat berjalan dengan baik diperlukan perangkat keras yang memadai yaitu komputer dengan prosesor minimal 486DX-4 dengan display adapter SVGA dan memori minimal 8MB dan penyimpanan program atau berkas disimpan dalam harddisk serta mouse dalam pengoperasiannya.


Blogspot Templates by Isnaini Dot Com and Wedding Bands. Powered by Blogger